//
you're reading...
bimbingan karier x

BAB IV STRATEGI PEMAHAMAN LINGKUNGAN

 A.    Arti Strategi Pemahaman Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di luar diri individu. Abin Syamsuddin (2002) membagi lingkungan berdasarkan tiga dimensi, yakni dimensi fungsi, dimensi peran, dan dimensi sosiologi.

 

B.    3 Dimensi Lingkungan

1.    Lingkungan berdasarkan Dimensi Fungsi

Berdasarkan dimensi fungsi, lingkungan terbagi dua, yakni lingkungan umwelt dan umgebung. Lingkungan umwelt adalah lingkungan yang bermakna bagi individu, yakni yang memberikan signifikasi positif bagi perkembangan individu, seperti buku pelajaran bagi pelajar. Lingkungan umgebung adalah lingkungan yang berpotensi untuk mempengaruhi individu. Yang perlu dipahami tentang lingkungan dari sisi fungsi adalah apakah lingkungan tempat tinggal siswa berfungsi sebagai umwelt atau umgebung. Seberapa banyak siswa memiliki lingkungan umwelt dan seberapa banyak memiliki umgebung.

Jawaban atas pertanyaan-petanyaan ini penting sebagai pertimbangan dalam membantu siswa mengembangkan diri atau menyelesaikan persoalan yang dihadapi, sehingga betul-betul lingkungan berkontribusi positif dalam pengembangan karir siswa.

2.    Lingkungan berdasarkan Dimensi Peran

Berdasarkan dimensi peran, lingkungan terdiri atas lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. Pada lingkungan keluarga, siswa berperan sebagai anak. Ia banyak belajar dasar-dasar tentang berbagai hal. Ia belajar tentang dasar-dasar akidah-akhlak, etika, sosialisasi, pergaulan, dan dasar-dasar akademik seperti kemampuan baca, tulis dan hitung. Di dalam masyarakat, siswa berperan sebagai anggota masyarakat. Ia terikat oleh hukum dan aturan masyarakat. Di sini siswa banyak berinteraksi dengan masyarakat lebih luas.

Dalam interaksinya ia akan belajar tentang berbagai hal. Ia belajar etika bermasyarakat, berorganisasi, bahkan belajar berkarir. Di sekolah, siswa berperan sebagai pelajar. Ia mengembangkan diri secara lebih mendalam pada bidang-bidang akademik dan non akademik. Pada lingkungan tersebut, yang penting untuk dipahami adalah sampai sejauh mana lingkungan tersebut berkontribusi pada perkembangan diri siswa. Apakah lingkungan keluarga, masyarakat, atau sekolah yang lebih mempengaruhi perkembangan mereka.

Seimbangkah pengaruh keluarga, masyarakat, dan sekolah dalam memfasilitasi perkembangan siswa. Adakah kesejalanan antara keluarga, masyarakat, dan sekolah dalam mendukung perkembangan karir masa depan siswa? Jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut sungguh sangat penting untuk dijadikan dasar pertimbangan untuk membantu siswa mengembangkan diri dan menempuh perjalanan karirnya.

3.    Lingkungan berdasarkan Dimensi Sosiologi

Berdasarkan dimensi sosiologi, lingkungan terdiri atas lingkungan pedesaan, transisi desa ke kota, dan lingkungankota. Sebagaimana dipahami bahwa lingkungan berpengaruh terhadap perkembangan individu.Gayahidup, cara berpikir, cara berbicara, kedewasaan, kebutuhan, motivasi dan atribut pribadi lainnya sangat diwarnai oleh lingkungan tempat ia berada. Misalnya, gaya hidup siswa yang berasal dari lingkungankotacenderung lebih mengikuti yang sedang terjadi, berbeda dengangayahidup siswa yang berasal dari pedesaan cenderung lebih bersahaja. Contoh lainnya, jika di pedesaan anak umumnya diberi tanggung jawab membantu keluarga seperti cuci piring untuk anak perempuan, anak di perkotaan cenderung tidak demikian terutama yang berasal dari kelompok ekonomi tinggi. Implikasi dari fenomena ini adalah bahwa untuk membantu siswa mengembangkan diri dan menempuh karir  masa depan, mestinya disesuaikan dengan karakteristik kebutuhan mereka sebagai refleksi dari pengaruh lingkungan.

 

E v a l u a s i

 

 

 

  1. 1.      Sebutkan 3 dimensi lingkungan menurut Abin Syamsuddin?
  2. 2.      Jelaskan arti Lingkungan?
  3. 3.      Jelaskan lingkungan umwlet dan umgebung?
  4. 4.      Sebutkan dan jelaskan lingkungan berdasarkan dimensi peran?
  5. 5.      Jelaskan lingkungan berdasarkan dimensi sosiologi?

About cafe14kewirausahaan

bisa

Diskusi

One thought on “BAB IV STRATEGI PEMAHAMAN LINGKUNGAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kunjungan

  • 61,475 hits
%d blogger menyukai ini: